Utama

Babinsa Sertu Syafatoni Berikan materi Wawasan Kebangsaan Kepada Sejumlah Anak Pramuka

MITRA, joernalinakor.com – Sudah menjadi tugas kita semua untuk menanamkan rasa cinta tanah air kepada para pemuda yang notabene ada generasi penerus bangsa. Baik sikap dan perilaku ataupun melalui pendidikan Formal di sekolah melalui kegiatan ektra kurikuler.

Demikian kutipan singkat pernyataan Bintara Pembina Desa ( Babinsa ) Koramil 1302-12/Belang Sertu Edy Syafatoni saat memberikan materi wawasan kebangsaan kepada anak-anak Pramuka di Desa Tababo, Kecamatan Belang, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) pada Rabu 19/01/2022 pagi.

“Menanamkan rasa cinta tanah air kepada para pemuda melalui kegiatan kepramukaan, diharapkan akan tumbuh dan tertanam rasa cinta tanah air dengan baik pada diri masing-masing pemuda. Hal lainnya, melalui kegiatan ini dapat meminimalisir kenakalan remaja yang sering terjadi,” kata Sertu Edy Syafatoni.

Dari beberapa materi yang disampaikan, salah satu materi yang dijabarkannya kepada dua puluhan anggota Pramuka yakni materi cara bertahan hidup di hutan belantara atau lebih dikenal dengan sebutan Survival.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa NKRI adalah salah satu Negara yang mempunyai hutan belantara dan pegunungan yang terbilang tidak sedikit, sehingga materi cara bertahan hidup di dalam belantara perlu disampaikan kepada para anak-anak Pramuka,” tandasnya.

Terkait hal tersebut Komandan Koramil ( Danramil ) 1302-12/Belang Letnan Dua ( Letda ) Inf Jantje M Wulur menuturkan pemahaman tentang wawasan kebangsaan perlu diberikan mengingat, di jaman era digital sekarang ini muncul kekhawatiran akan sikap dan moral pemuda yang terkesan mulai tergerus oleh perkembangan zaman.

“Situasi yang demikian ini harus segera kita Netralisir kembali. Untuk itu diperlukan kerjasama yang berkesinambungan untuk menyiapkan generasi penerus menjadi generasi yang tangguh dan mencintai Tanah Airnya sendiri. Kita sebagai aparat kewilayahan akan selalu berkoordinasi dengan pihak sekolah bersama-sama menanamkan jiwa Patriotisme di kalangan para pelajar,” tandasnya. (***/Vk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *