Jawa Tengah

Bantu Atasi Kesulitan Warga, Babinsa Koramil 19/Kuwarasan Hidupkan Gotong Royong

KEBUMEN, Joernalinakor.com, – Babinsa Koramil 19/ Kuwarasan Serda Suratno menghidupkan budaya gotong royong bersama masyarakat, membantu pembuatan rumah Ibu Sunar (68) warga RT 02 RW 02 Desa Kamulyan, Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen, Sabtu (6/6/20).

Ibu Sunar yang awalnya tinggal bersama saudaranya, kini ia menghendaki memiliki rumah sendiri dengan membuat rumah baru dibantu warga dan Babinsa. Meski dengan biaya sendiri nampak kebahagiaan diwajah wanita 68 tahun itu tidak bisa disembunyikan. Pasalnya warga rela membantu tanpa pamrih apapun dari Ibu Sunar. Kompak dan antusias warga dipacu Babinsa Serda Suratno yang terus memberikan semangat gotong royong kepada warganya. Upaya Babinsa itu juga untuk menjaga kebersamaan dan kerja sama sekaligus upaya meringankan beban Ibu Sunar.

“Membantu meringankan beban masyarakat adalah tanggungjawab Babinsa, menghidupkan budaya gotong royong dan menjaga kekompakan serta keharmonisan antara aparat komando kewilayahan dengan warganya adalah kewajiban, seperti saat membantu pembuatan rumah Ibu Sunar ini.” ungkap Serda Suratno.

Saat dikonfirmasi, Danramil 19/Kuwarasan Kapten Arh Siswoto Nurharjo melalui telepon mengatakan,” upaya Babinsa tersebut sebagai langkah nyata untuk terus menjalin kebersamaan, gotong royong dan kekompakan di wilayah binaannya. 

Salah satu peran Babinsa di lapangan, yakni membantu meringankan dan membantu mengatasi kesulitan warga binaannya. Sama halnya dengan Babinsa lainnya yang punya tanggungjawab membina warganya, bukan saja dalam bentuk fisik, dalam bentuk non fisik pun mereka saya wajibkan menerapkan perannya sebagai Babinsa.” terang Danramil. 

(Yatiman/SSY’95/Pendim)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close