Utama

BENTUK FISIK PRIMA, PESERTA FMD JALANI TES KESAMAPTAAN

CILEGON, Joernalinakor.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon Kanwil Kemenkumham Banten memiliki cara khusus dalam meningkatkan Sumber Daya Petugas, khususnya dalam pembentukan Fisik, Mental, dan Disiplin (FMD). Kegiatan Pembinaan (FMD) ini juga menguji kekuatan fisik para pesertanya dalam bentuk Tes Kesamaptaan.

Jumat (30/09), 30 orang peserta FMD sudah berkumpul di Stadion Seruni Cilegon untuk menjalani Tes Kesamaptaan. Sejak pagi, para peserta sudah tampak bersemangat mengikuti jalannya rangkaian kegiatan penilaian fisik yang dipandu oleh instruktur dari internal Lapas Cilegon.

“Ada beberapa tahapan penilaian ketahanan fisik dalam kegiatan Capacity Building kali ini, para petugas diminta untuk melakukan banyak kegiatan olah raga. Disini kekuatan fisik mereka dibentuk, agar lebih prima dan tidak mudah sakit dalam melaksanakan tugas,” ujar Kalapas Cilegon, Sudirman Jaya saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Para peserta berlomba-lomba untuk mendapatkan angka tertinggi dalam setiap tantangan yang diberikan para Instruktur. Peserta diminta untuk melakukan berbagai gerakan. Mulai dari push up, sit up, pull up hingga shuffle run. Setelah beristirahat sejenak, para peserta melanjutkan kegiatannya dengan melaksanakan olah raga renang dengan memanfaatkan kolam renang di Olimpic Asa Water Sport Cilegon.

Kalapas Sudirman Jaya mengatakan, beberapa gerakan yang diberikan, selain menunjang penampilan fisik, seperti otot lebih kencang, dan berat badan yang proporsional. Olah raga ini juga bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan Fisik, Mental, Disiplin para petugas di Lapas Cilegon.

“Jika rutin berlatih, olah raga ini bisa menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Aktivitas ini bisa memberikan pengaruh baik untuk kesehatan fisik dan mental, sehingga mereka dapat lebih disiplin dalam menjalankan tugasnya masing-masing,” pungkasnya. (Handi/Red)