KAB. PANGANDARAN

Bupati Pangandaran Buka Gelaran O2SN dan FLS2N Tingkat Kabupaten Pangandaran

Pangandaran, joernalinakoe.com – Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata membuka kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SD-SMP dan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SD Tingkat Kabupaten Pangandaran, bertempat di Taman Pangandaran Sunset. Kamis (30/5/2022).

Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin H.M.M, Ketua TP PKK Kabupaten Pangandaran Hj. Ida Nurlaela Wiradinata, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Pangandaran Hj. Tini Nurmalasari, S. Sos., M.Si., Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Dr. H.M Agus Nurdin, S.Pd., M.Pd., Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tonton Guntari, S.H., Danramil Pangandaran, Kapolsek Pangandaran, Camat Pangandaran, Ketua DWP Disdikpora Pangandaran, Ketua IPSI Kabupaten Pangandaran dan Kepala BJB Cabang Pangandaran.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang merupakan Ketua Panitia Pelaksana Dr. H.M Agus Nurdin, S.Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk membangun kreatifitas peserta didik agar dapat mewujudkan pelajar berprofil Pancasila.

Menurut beliau dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas, kolaborasi, kemandirian dan juga membangun karakter para peserta didik

Sementara itu, Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya O2SN dan FLS2N jenjang SD-SMP tingkat Kabupaten Pangandaran.
“Kegiatan ini luar biasa, melibatkan anak-anakku sekalian dan para guru, maka saya hadir bersama istri dan rombongan sebagai wujud kecintaan pada dunia pendidikan” ungkap beliau.

Beliau berharap kegiatan ini selain dapat menjadi ajang seleksi potensi unggul perwakilan Kabupatem Pangandaran tapi juga menjadi bagian dari pola pembangunan pendidikan.
“Ajang ini bukan saja menjadi seleksi untuk mewakili Kabupaten Pangandaran ke tingkat seterusnya, tetapi menjadi ajang dan bagian dari pola pembangunan pendidikan untuk menjadi alat ukur di Kabupaten Pangandaran” lanjut beliau.

Beliau menuturkan bahwa kesenian dan olahraga merupakan bagian dari kreatifitas dan pembentukan karakter agar pendidikan di Kabupaten Pangandaran dapat terintegrasi, bukan hanya belajar di sekolah tetapi juga meningkatkan kreatifitas para peserta didik.

Ia pun berkomitmen untuk memberikan apresiasi berupa sepeda bagi para Juara 1 di setiap mata lomba, beliau juga mengajak semua pihak untuk bergembira dan mensukseskan acara.
“Sebagai bentuk apresiasi, juara 1 nya akan kita berikan sepeda. Jadi hari ini kita harus bergembira karena ini merupakan bagian dari brainstorming, penyegaran setelah sekian waktu di bangku sekolah” pungkas beliau.

Peserta pembukaan kegiatan ini berjumlah 2.204 orang yang terdiri atas Koordinator Wilayah, Ketua PGRI Tingkat Kecamatan, Pengawas SD dan SMP, Kepala Sekolah SD dan SMP, Guru SD dan SMP beserta siswa-siswi SD dan SMP.

Sementara itu, para peserta yang mengikuti O2SN dan FLS2N tingkat Kabupaten Pangandaran merupakan para Juara Lomba antar sekolah yang kemudian menjadi perwakilan dari masing-masing Kontingen Kecamatan, dengan rincian peserta O2SN Jenjang SD sebanyak 140 orang, peserta FLS2N Jenjang SD 80 orang dan peserta O2SN Jenjang SMP sebanyak 82 orang, 

Untuk Cabang Mata Lomba pada FLS2N jenjang SD diantaranya seni tari, menyanyi tunggal, pantomim, cerita bergambar dan seni kriya atau menganyam, selanjutnya untuk Cabang Mata Lomba O2SN jenjang SD yaitu karate, pencak silat dan voli, sementara Cabang Mata Lomba O2SN jenjang SMP yaitu karate dan pencak silat.

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan
Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran