AdvertorialJawa BaratJendela PublikPemerintahanSUMEDANG

Bupati Sumedang Meninjau Langsung Progres Pembangunan Bendungan Cipanas

KAB.SUMEDANG, Joernalinakor.com – Sebagai salah satu bentuk kompensasi dari Pembangunan Waduk Jatigede, pemerintah membangun Bendungan Cipanas untuk kepentingan pertanian di wilayah Utara Kabupaten Sumedang.

Sabtu (10/7), di sela-sela kunjungannya ke Kecamatan Conggeang dan Ujungjaya, Bupati Sumedang berkesempatan meninjau langsung progres pembangunan bendungan yang ditargetkan selesai pada Tahun 2022 tersebut.

Selain akan mengairi 7. 432 hektare lahan pertanian di Kabupaten Sumedang dan sebagian Kabupaten Indramayu, bendungan juga berfungsi sebagai pengendali banjir wilayah Indramayu dan sekitarnya karena mampu mengurangi debit banjir sebesar 250 m³/detik.

“Di samping untuk irigasi dan penampung air atau pengendali banjir di hilir, bendungan ini memiliki potensi untuk wisata. Apalagi dilihat dari atas seperti di Desa Ungkal sangat bagus view-nya,” ujar Bupati saat berada di Kantor Satker Bendungan Cipanas, Desa Cibuluh Kecamatan Ujungjaya.

Bendungan dengan kapasitas 250 juta meter kubik tersebut akan memiliki luas genangan 1.315 hektare meliputi empat desa di Kecamatan Conggeang yakni Cibubuan, Karanglayung, Ungkal dan Conggeang Kulon, serta satu desa di Ujungjaya yakni Cibuluh.

Pembangunan bendungan sendiri dikerjakan oleh PT Wika dan PT Jaya Konstruksi untuk Paket 1 dan oleh PT Brantas Abipraya untuk Paket 2. (MOJI)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *