Utama

Danramil 1302-11/Ratahan Pimpin Personil Gabungan Bantu Warga Terdampak Banjir Bandang

MITRA, joernalinakor.com – Akibat curah hujan tinggi di wilayah Teritorial Kodim 1302/Minahasa, Kelurahan Nataan, Kecamatan Ratahan, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), dilanda banjir bandang pada Senin 20/09/2021 pukul 15.05 wita.

Banjir bandang diakibatkan sungai Palaus meluap membuat debit air bercampur material lumpur dan pohon-pohon kayu terbawa oleh arus deras sungai tersebut.

Luapan material bercampur tersebut melewati jembatan Nataan dan mengalir deras ke jalan raya penghubung Kabupaten Mitra dan Kabupaten Minahasa.

Sore harinya pada pukul 16.00 Wita, Dinas BPBD Kab. Mitra, Polres Mitra dan Personil Koramil Ratahan beserta Bupati Mitra tiba dilokasi kejadian. Kehadiran Forkompinda kabupaten Mitra guna pemantauan perkembangan situasi dan upaya darurat.

Akibat kejadian ini dilaporkan terdapat Dua Unit Rumah Panggung terbuat dari Kayu hanyut terbawa arus dan Satu Unit Bangunan tempat usaha/Bengkel juga ikut hanyut di Desa Wioi Kecamatan Ratahan Timur, Kabupaten Mitra. Sementara tujuh unit rumah Permanen terendam material banjir.

Dikabarkan pula bahwa Satu Orang atas nama Welly Nangi lelaki 60 ) warga di Lingk-IV Kelurahan Nataan dinyatakan hilang dan hingga kini dalam pencarian oleh Tim SAR serta tim gabungan dari TNI-POLRI.

Peristiwa ini mendapat perhatian serius Komandan Kodim 1302/Minahasa Letnan Kolonel Inf Herbeth Andi Amino Sinaga S.Ip. Dandim menegaskan kepada seluruh Jajarannya agar dalam menghadapi cuaca Extrem, hendaknya setiap Koramil lebih meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi bila terjadi bencana.

“Hari ini wilayah Teritorial kita seperti di Kabupaten Minahasa Tenggara dilanda banjir bandang. Tentunya kita lebih mengasah lagi kepekaan kita terhadap cuaca extrem,” ujar Dandim Letkol Inf Herbeth.

“Oleh karena itu saya perintahkan kepada seluruh jajaran agar terus memonitor wilayah teritorial masing-masing. Jika terjadi bencana seperti banjir, tanah longsor, atau kebakaran segera lakukan koordinasi dengan aparat terkait dan dilaporkan secara hirarki agar dapat segera diambil langkah dan upaya penanggulangan terhadap bencana tersebut,” tandasnya.
( Warno/Vendry )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *