Nusa Tenggara Barat

DESA TAMAN AYU : Bangun Posko Lombok Kampung Sehat 2 Dan PPKM Mikro

NTB, Joernalinakor.com – Mengikuti Lomba Kampung Sehat jilid 2 dan pelaksanaan PPKM mikro, tiga pilar Desa Taman Ayu (Kepala Desa, Babinsa dan Binmaspol) bersama tim PPKM Mikro melakukan kegiatan pembuatan posko induk sebagai sentral pengaduan dan pelaksanaan kegiatan.(3/4).

Pada Lomba Kampung Sehat jilid 1 Desa Taman Ayu tidak termasuk sebagai peserta. Sehingga berbagai kebutuhan serta persiapan dilaksanakan secara maksimal saat ini.

Kepala Desa Taman Ayu, M. Tajudin menjelaskan bahwa Desa Taman Ayu sudah siap dalam menyambut PPKM Mikro dan Lomba Kampung Sehat Jilid 2 “kita sudah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder untuk membantu mensukseskan PPKM Mikro dan LKS 2, dan untuk saat ini kami sedang konsentrasi membangun Posko Induk” katanya.

Sebelumnya, Posko induk yang dibangun merupakan bekas ruko tempat bengkel para pemuda yang sudah tidak terpakai lagi. Ruko tersebut kemudian disulap menjadi Posko Induk oleh Tim PPKM Mikro.

Saat ditanya tentang bangunan tersebut, Babinkamtibmas Desa Taman Ayu IPTU Abdillah Husain menjelaskan bahwa Posko tersebut akan digabung dengan lapak Kopi para mantan pengguna narkoba yang sudah melakukan rehabilitasi.
“melalui Desa Bersinar (Bersih Narkoba) kami bekerjasama dengan BNNP NTB yang kemudian memberikan pelatihan roasting kopi kepada 4 pemuda di BLK Lombok Timur, mereka akan diberikan alat untuk latihan dan kebetulan tempat yang disediakan bersebelahan dengan Posko Induk” jelasnya.

Sementara itu, tampak seluruh kadus, beberapa staff Desa dan Para pemuda sibuk mengecat, memasang spanduk dan membersihkan halaman Posko. Saat ditemui di lokasi, para Perangkat Kewilayahan Desa Taman Ayu siap melaksanakan PPKM Mikro dan Lomba kampong sehat.
“kami sudah siap menyambut kebiasaan baru melalui PPKM Mikro dan Lomba Kampung Sehat, seluruh Perangkat Kewilayahan yang tergabung dalam tim sudah sepakat untuk mensukseskan kegiatan ini” kata M. Saleh,

Perangkat Kewilayahan Dusun Karang Genteng.
Ditempat yang sama, wakil ketua tim sekaligus ketua BPD Taman Ayu, Sarahan menjelaskan bahwa dirinya menargetkan juara dalam lomba Kampung sehat jilid 2 ini. “meskipun kami peserta baru di Lomba Kampung Sehat, kami berusaha agar dapat juara, beberapa pengalaman sebelumnya sudah menjadi modal untuk memaksimalkan hasil nantinya” katanya.

Untuk diketahui bahwa sebelumnya, Desa Taman Ayu telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengurangi resiko masyarakat terpapar covid 19. Pada tahun sebelumnya, 14 warga terpapar dan hampir 30 orang dikategorikan reaktif. “tapi dalam waktu tidak terlalu lama semua bisa teratasi, ini semua karena kerjasama masyarakat dan kesigapan tim dalam melakukan koordinasi, pendekatan dan perbaikan perbaikan serta aksi-aksi yang luar biasa” lanjut Ketua BPD Taman Ayu.
“Memang banyak sekali tantangan saat itu, karena kita semua (masyarakat) terkejut dengan datangnya virus baru yang secara serentak diseluruh dunia terjadi” kenangnya.

Posko Induk yang direhab saat ini dibiayai melalui APBDes Tahun 2021 yang pembahasannya melalui refocusing. “8% dari APBDes kita anggarkan untuk PPKM Mikro dan sudah melalui mekanisme rapat” tegas Kepala Desa Taman Ayu. Mudah mudahan kita maksimalkan anggaran ini untuk tidak hanya lomba, tapi yang terpenting adalah bagaimana membangun masyarakat sadar akan adanya kebiasaan baru yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari hari” pungkasnya.

Red. Fhari/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *