HukumKota MakassarSulawesi Selatan

Erwin” Selaku Kuasa Hukum Kerajaan Tallo Bersuara Lantang, Bahwa Pengangkatan Tidak Sesuai Prosedur Lembaga Adat

Joernalinakor. Com MAKASSAR -Terkait polemik yang terjadi saat ini mengenai Turunan serta Raja Tallo XIX , Lembaga Adat Passereanta Firman Sombali Kerajaan Islam Kembar Gowa Tallo Sulsel serta para turunan Raja Tallo dari rumpun Ilamakka Rumpa Dg Parani serta para turunan Raja Tallo yang terahkir yaitu :Andi Oddang.

Menurut Pengurus Adat kerajaan Tallo, Kami Masih Menyimpan SK Wali Kota Makassar Tentang Pengangkatan Amir Dg.Paricu sebagai Ketua Lembaga Kesultanan Tallo Bukan Raja Tallo, berdasarkan penjelasan Pengurus Adat Kerajaan Tallo.

Hal tersebut mendapat sorotan keras dari kuasa hukum kerajaan Tallo. Menurut Erwin selaku kuasa hukum Kerajaan Tallo menegaskan bahwa, yang memiliki pengakuan sebagai Raja Tallo harus sesuai prosedur dan memiliki Silsilah Asli Turunan dari Raja Tallo dan juga disaksikan oleh para gallarrang serta tumbu appaka ri Tallo, bukan melalui pemerintahan, karena ini adalah adat budaya para leluhur “Ucap Erwin.

Nanti kita akan gugat pembatalannya di PTUN Makassar, karena sudah Membawa Nama kerajaan yang Tidak sesuai dengan prosedur adat kerajaan. Jika memang benar diangkat oleh walikota dasar hukumnya apa?… Setahu saya Bahwa Walikota tidak berhak mengangkat seorang Raja karena Walikota adalah Jabatan politik yang prosesnya melalui tahapan pemilu dan atau yang dipilih secara langsung oleh rakyat,terang Erwin selaku Kuasa Hukum kerajaan tallo saat di Hubungi Awak Media joernalinakor Jumat 07 Februari 2020 .

“Erwin selaku Kuas Hukum Kerajaan Tallo, Mengatakan Bahwa Kalau memang walikota mempunyai legal standing berhak mengangkat seorang raja berarti seluruh walikota indonesia berhak mengangkat seorang raja didaerahnya donk. Menurutku Hal ini bisa merusak kultur adat diseluruh wilayah NKRI serta mencoreng nama baik adat disetiap daerah.

Tidak menutup kemungkinan kalau walikota bisa mengangkat seorang raja nanti para bupati ditiap daerah akan mengangkat seorang raja. Mau dikemanakan sistem adat yang Ada di Indonesia.dan tidak lama akan hilang ini kerajaan seluruh indonesia karena sudah dirusak pengaruh globalisasi, Sulawesi selatan di kenal dengan tali Persaudaraan yang tinggi, dan sangat menghargai Sejarah dari turun temurun.

Kita harus sama – sama menjaga sistem adat jangan sampai hilang akibat pengaruh globalisasi. Sulawesi selatan dikenal karena rasa persaudaraan yang dari turun temurun kita jaga, jangan sampai dihilangkan.Ungkap Erwin.
As Mnji

Related Articles

Back to top button
Close