Utama

Gubernur Sulteng Lakukan Penandatanganan Kerjasama Dengan Provinsi Gorontalo

Palu, joernalinakor.com – Sulawesi Tengah. Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura melakukan penandatanganan kesepakatan dengan pemerintah daerah Provinsi Gorontalo tentang Pengendalian Inflasi Daerah. Bertempat, diruang kerja Gubernur. Kamis, (24/11/2022)

Bentuk kerjasama yang disepakati dalam upaya pengendalian inflasi daerah diantaranya ; (1) Kerjasama perdagangan , pertanian, perikanan, peternakan perhubungan dan sektor lain penyumbang inflasi. (2) Pertukaran data dan informasi. (3) Kerjasama penelitian. (4) Studi Banding. (5) Onboarding digitalisasi. (5) Pelatihan.

Diawal pengantarnya, Gubernur Provinsi Gorontalo Dr. Ir. Hamka Hendra Noer, M.Si menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah beserta jajaran Pemerintah Daerah Sulteng yang telah menerima kunjungan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Selanjutnya, Hamka menjelaskan bahwa maksud dan tujuan Provinsi Gorontalo berkunjung ke Sulawesi Tengah adalah dalam rangka melakukan kerjasama terkait stabilitas inflasi daerah.

Selanjutnya, Hamka juga menyebutkan bahwa tingkat inflasi Provinsi Gorontalo secara nasional berada di 5,7 %, demikian juga diantara bulan November sampai dengan Desember dalam mengahadapi hari raya natal dan tahun baru diperkirakan mengalami kenaikan.

“Kami kesini, sekiranya bisa bekerjasama terkait stabilisasi harga dalam rangka menghadapi inflasi yang ada di daerah” Kata Hamka Hendra Noer dalam kesempatan itu

Sementara, Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura menyampaikan ucapan selamat datang kepada Gubernur Provinsi Gorontalo bersama rombongan di Negeri 1000 Megalit Provinsi Sulawesi Tengah.

Selanjutnya, Rusdy Mastura menyampaikan bahwa Provinsi Sulawesi Tengah memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) dengan 8 jenis tambang, potensi pertanian, kelautan dan perikanan yang sangat besar. Sehingga Provinsi Sulawesi Tengah siap sebagai daerah penyangga IKN dan penyangga pangan Nasional.

Gubernur juga menyampaikan besarnya Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki Sulawesi Tengah, tentunya harus didukung Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Oleh karena itu, kedepannya Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah akan mengirimkan para ASN baik ditingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota melaksanakan Magang di Korea.

“Setiap tahun ASN akan dikirim untuk melaksanakan Magang ke Korea, yang diharapkan agar ASN yang dikirim tersebut dapat meniru etos kerja masyarakat Korea” Ujar Rusdy Mastura

Diakhir sambutannya, ia berharap melalui kerjasama ini kiranya dapat terus dilakukan
guna untuk mempercepat capaian pertumbuhan pembangunan di Pulau Sulawesi.

Turut hadir pada kesempatan tersebut yaitu : Plh. Sekretaris Daerah, Staf Ahli Gubernur, Unsur Forkopimda, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah beserta Rombongan Pemda Provinsi Gorontalo. (jamal)

Sumber : Humas Pemprov. Sulteng