Utama

Guru MAN 1 Banda Aceh Meraih Penghargaan Guru Berinovasi Provinsi Aceh.

B.Aceh, Joernalinakor.com – Dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022 dan HUT PGRI ke-77 tingkat Provinsi Aceh di Blang Pidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, Muhammad Putra Aprullah M.Si, Guru MAN 1 Banda Aceh, meraih meraih Juara 2 Guru Berinovasi Tingkat Provinsi Aceh. Kegiatan yang diselenggarakan oleh PGRI Provinsi Aceh. Muhammad Putra Aprullah M.Si memperoleh penghargaan Guru Berinovasi dari Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Alhudri MM, bersama dengan Asrul,S.T, M.T sebagai juara 1 dari SMKN 5 Telkom dan Nurul Hikmah, S.Pd.I sebagai juara 3 dari SMAN 10 Fajar Harapan. Pemilihan Guru Berinovasi Tahun 2022 berdasarkan atas portofolio prestasi, dedikasi, pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan penulisan best practice. Dalam Pemilihan Guru Berinovasi Tahun 2022, karya tulis best practice berjudul” Penerapan Spiritual Blended Learning (Sublime) berbasis Legawa (Lembaran Penyangga Jiwa) untuk Meningkatkan Prestasi Olimpiade Sains Bidang Ekonomi MAN 1 Banda Aceh.
Prestasi ini melengkapi penghargaan Pejabat Walikota Banda Aceh dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh sebagai guru berprestasi kota Banda Aceh Tahun 2022. Pada bulan Oktober Tahun 2022, Muhammad Putra Aprullah, M.Si meraih Juara 1 Pemilihan Guru Berprestasi Madrasah Aliyah Kanwil Kemenag Provinsi Aceh. Selama Tahun 2020-2022, prestasi yang diraih dalam olimpiade guru tingkat Nasional sebanyak 25 Medali Emas, 9 Medali Perak, dan 4 Medali Perunggu. Pada tahun 2021, Muhammad Putra Aprullah memperoleh Satyalancana Karya Satya X tahun dari Presiden Republik Indonesia.
Muhammad Putra Aprullah juga aktif pada bidang kepenulisan KTI dan Karya Buku dengan menghasilkan 3 Proceeding jurnal internasional, 1 penelitian tindakan kelas, 3 karya tulis berupa best practice, 3 artikel, 5 buku publikasi penerbit, 4 modul ajar, 2 buku LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), dan 2 buku UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri). Saat ini, Muhammad Putra Aprullah juga aktif sebagai Fasilitator Provinsi Kementerian Agama untuk pembinaan PKB guru dalam forum MGMP Ekonomi di Provinsi Aceh. Prestasi ini diharapkan menjadi motivasi dan inspirasi bagi seluruh keluarga besar Kementerian Agama Provinsi Aceh untuk terus berdedikasi, berkarya, berprestasi, dan berkontribusi bagi pembangunan generasi. (Makmur/Winda/Satria/Nasir/Jimbronw).