Jawa BaratKAB. BOGOR

Ketua DPRD Kabupaten Bogor inspeksi hasil penataan kawasan pusat kota

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto bersama anggota Badan Anggaran (Banggar), melakukan inspeksi hasil penataan kawasan pusat kota atau program City Beautification Project milik Pemkab Bogor.

Inspeksi itu dilakukan mulai dari Kawasan Stadion Pakansari hingga Jalan Alternatif Sentul, demi memastikan laporan yang disampaikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (Lkpj) 2021.

“Banggar DPRD Kabupaten Bogor menyampaikan bahwa bukan hanya capaian dilihat dari nilai angka, akan tetapi infrastruktur yang dibangun harus bisa dinikmati dan dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Rudy, Senin (11/4).

Dia menilai terdapat hasil pekerjaan pedestrian yang membahayakan pengendara di Jalan Alternatif Sentul, yaitu di bagian jembatan yang menyebabkan penyempitan badan jalan.

Hal itu terjadi karena lemahnya perencanaan awal dan koordinasi antar-pemangku kebijakan di lingkungan Pemkab Bogor.

Lemahnya perencanaan dan koordinasi juga membuat pekerjaan yang sudah selesai digarap 100 persen itu menyisakan tumpukan kabel yang berantakan di jalur pedestrian.

“Banyak area taman yang tidak selesai dibangun dan Kubah Tugu Pancakarsa yang sampai sekarang dibiarkan tidak terbangun,” tuturnya.

DPRD juga menilai harus ada kajian lalu lintas di Simpang Sirkuit Sentul atau Tugu Pancakarsa, dan perlu dilengkapi rambu lalu lintas yang memadai oleh Dinas Perhubungan (Dishub).

Jajaran DPRD Kabupaten Bogor melakukan inspeksi ke sejumlah proyek pembangunan yang dilakukan Pemkab Bogor, khususnya pada program City Beautification Project. (Red)