Utama

LSM INAKOR Laporkan Dinas Perkim Kota Bitung Ke Polda Sulut

BITUNG,Joernalinakor.com -Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Independen Nasionalis Anti Korupsi (INAKOR) menyambangi Kepolisian Daerah Sulawesi Utara, melaporkan dugaan tindak pidana korupsi Pembangunan Drainase Lingkungan Kelurahan Pinokalan, Kecamatan Ranowulu, Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara.
Rabu,(30/11-2022).

Menurut Ketua Harian DPP LSM INAKOR, “Rolly Wenas, diduga kegiatan pembangunan Drainase Lingkungan Kelurahan Pinokalan Tidak Sesuai Dengan Kontrak yang Diperjanjikan Sehingga Terjadi Kekurangan Volume, dan sangat besar kemungkinan berpotensi adanya Kerugian Negara dan Tindak Pidana Korupsi.

“Pembangunan drainase di kelurahan Pinokalan tidak sesuai kontrak dan terjadi pengurangan volume. Intinya proyek ini sarat dengan penyimpangan.”Ungkap Wenas.

“Rolly Wenas melanjutkan, kondisi tersebut Kondisi tersebut tidak sesuai dengan:
Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah,

Pasal 78:
Ayat (3) huruf d yang menyatakan bahwa Perbuatan atau tindakan Penyedia yang dikenakan sanksi adalah antara lain melakukan kesalahan dalam perhitungan volume hasil pekerjaan berdasarkan hasil audit Penyedia dikenai sanksi administratif;
Ayat (4) yang menyatakan bahwa Perbuatan atau tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat (2), dan ayat (3) dikenakan sanksi administratif berupa sanksi ganti kerugian dan/atau sanksi denda; dan
SSUK pada masing-masing pekerjaan yang menyatakan pembayaran prestasi hasil pekerjaan yang disepakati dilakukan oleh PPK dengan ketentuan pembayaran dilakukan terhadap pekerjaan yang sudah terpasang.

Pekerjaan Drainase dilaksanakan oleh CV CJ dengan nilai Rp 4.120.077.619,07. Hingga batas waktu yang ditentukan yaitu 162 hari kalender. CV CJ belum bisa menyelesaikan Pekerjaan Pembangunan Drainase. Atas ketidaksanggupan tersebut, kemudian PPK memberikan kesempatan penyelesaian pekerjaan.

Ketika dihubungi Kepala Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Kota Bitung Mex Mapahena merasa kaget dengan adanya laporan tersebut.

“Saya baru tahu laporan yang dilayangkan oleh LSM itu, nanti saya akan cek.” Jelas Kepala Dinas

(Noval/Kepor).