Utama

Masuk Jajaran Dewan Penasehat DPP Mapancas, Wagub Banten: Kobarkan Optimisme Hadapi Pandemi

JAKARTA, Joernalinakor.com – Kepungurusan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Mapancas atau Mahasiswa Pancasila 2020-2023 pimpinan Pilar Saga Ichsan resmi dilantik di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (18/9). Nama Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy masuk ke dalam jajaran Dewan Penasehat di organisasi pemuda bentukan Jenderal TNI (Anm) Gatot Subroto dan Jenderal Besar (Anm) AH Nasution di era Pemerintahan Presiden RI pertama, Soekarno tersebut.

Dalam sambutannya, Andika mengatakan, pandemi Covid-19 yang telah berlangsung hampir 2 tahun terakhir ini telah membuat keadaan krisis dunia di berbagai sektor. “Termasuk di Negara kita tercinta Indonesia, krisis terjadi di bidang ekonomi, sosial sampai pendidikan akibat pandemi Covid 19-saat ini,” kata Andika.

Hadir pada acara tersebut Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) DPP Mapancas Medi Sumaedi. Turut memberikan sambutan secara virtual Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga masuk ke dalam jajaran Dewan Penasehat. Adapun jajaran Dewan Penasehat lainnya yang tampak hadir adalah Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Walikota Tangsel Benyamin Davnie. Untuk posisi Ketua Dewan Penasehat sendiri didapuk mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

Terkait krisis yang terjadi, Andika meminta Mapancas di semua daerah di Indonesia dapat membantu pemerintah daerah untuk membangkitkan optimisme masyarakat. Menurut Andika, optimisme dimaksud sangat layak untuk digaungkan mengingat Berbagai lembaga riset global meramalkan bahwa pada tahun 2045 nanti, Indonesia memiliki posisi yang makin besar dalam peran global. Goldman Sachs mengeluarkan istilah The Next Eleven (N-11), yaitu kumpulan negara yang punya potensi besar bersama BRIC (Brasil, Rusia, India dan China) yang mendominasi dunia. “Apalagi Indonesia didukung dengan jumlah manusia yang tinggi dan bonus demografi yang akan dinikmati 2020-2030 dan meningkatnya jumlah kelas menengah,” katanya.

Dikatakan Andika, akan terdapat lonjakan pesat usia produktif sebesar 70 persen. Roda perekonomian akan didominasi oleh usia produktif, khususnya generasi muda. Namun, lanjutnya, kunci utama agar bonus demografi ini benar-benar dapat membantu peningkatan perekonomian terletak pada kualitas modal manusia. “Karena itu, pada kesempatan ini saya mengajak seluruh pengurus dan kader Mapancas untuk bersama-ama bergotong royong dalam pembangunan,” katanya.

Lebih jauh Andika mengatakan, era pembangunan daerah saat ini mengikuti perkembangan industri yakni penerapan government 4.0 yang identik dengan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan daerah berbasis pada kolaborasi, inovasi dan penggunaan teknologi informasi serta komunikasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik dan proses-proses pembangunan.

Menanggapi permintaan Andika, Ketua DPP Mapancas yang juga Wakil Walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan mengaku siap menjalankannya. Menurutnya hal tersebut sudah sejalan dengan program kerja DPP Mapancas pimpinannya saat ini. “Untuk awal ini kami akan lakukan konsolidasi kepengurusan dulu sampai ke tingkat daerah,” imbuhnya. (Handi/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *