Banten

Musyawarah Cabang Luar Biasa Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Cilegon

CILEGON, Diskominfo, Joernalinakor.com – Gerakan Pramuka kwartir cabang kota Cilegon mengadakan musyawarah cabang luar biasa (MUSCABLUB) dalam rangka memilih ketua kwartir cabang kota Cilegon yang dilaksanakan di Aula Setda II Kota Cilegon, Kamis (03/06/2021).

Wali kota Cilegon, Helldy Agustian yang membuka MUSCABLUB ini dalam sambutannya menjelaskan gerakan pramuka merupakan wadah yang baik untuk generasi muda. “Melalui gerakan ini, sesungguhnya kita sedang menyiapkan pemimpin-pemimpin bangsa di masa depan, dan dengan pramuka ini menjadi wadah yang tepat bagi generasi muda untuk dilakukan pembinaan diajarkan sehingga menjadi generasi emas kedepan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Helldy mengatakan tema Muscablub ini menciptakan sinergitas antara pemerintah dengan gerakan pramuka. “Pada tahun ini Tema yang diangkat adalah Penguatan dan Sinergitas Kwartir Cabang Kota Cilegon Menuju Pramuka Cilegon Modern dan Bermartabat, dalam artian akan ada sinergitas antara Pemerintah dengan gerakan Pramuka, ini menjadi supporting system untuk kami,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Helldy mengajak kepada pengurus Pramuka untuk terus mendorong gerakan kepramukaan di kota Cilegon. “Saya mengajak kepada seluruh anggota Pramuka dewasa yang dapat terus mendorong perkembangan pendidikan kepramukaan terutama pada tingkat gugus depan di kota Cilegon,” tuturnya.

Helldy juga berpesan kepada pemimpin kwarcab nantinya agar dapat mengemban amanah yang sebaik-baiknya. “Kepada pemimpin kwarcab kota Cilegon beserta jajaran pengurus yang terpilih nanti, saya berharap dapat mengemban amanah yang sebaik-baiknya agar apa yang jadi tujuan utama yaitu pembentukan karakter kaum muda dapat dicapai,” katanya.

Sementara itu, Kepala kwarda Banten, Septo Kalnadi mengajak untuk menjadikan MUSCABLUB ini sebagai titik awalkebangkitan pramuka di Kota Cilegon. “Ini menjadi awal dari kita membangkitkan kembali proses pengembangan karakter generasi muda, dengan harapan terpilihnya ketua baru akan menguatkan pramuka di kota Cilegon,” jelasnya.

Septo juga berharap, gerakan pramuka ini bukan hanya sebatas seremonial saja, tetapi bisa bermanfaat untuk lingkungan sekitar. “Pramuka ini fungsinya harus lebih banyak lagi, selain untuk penguatan mental generasi muda juga saya harap generasi muda nantinya siap untuk terjun langsung ke masyarakat, seperti misalnya menjadi satgas penanggulangan bencana dengan turun ke lokasi bencana,” pungkasnya. (Handi/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *