Utama

Pemdes Pinut Kembali Salurkan BLT-DD Tahap III kepada 84 KPM

MINSEL. Joernalinakor.com – Pemerintah Desa Pinasungkulan Utara (Pinut) Kecamatan Modoinding Kabupaten Minahasa Selatan, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap III (3) untuk 3 bulan, yakni Bulan Juli, Agustus dan September Tahun 2022 kepada 84 KPM yang sudah ditetapkan dalam hasil Musyawarah Desa (Musdes).

Lanjut usia, penyandang disabilitas, janda, duda adalah penerima BLT yang disalurkan Pemerintah Desa Pinasungkulan Utara dan memang benar layak untuk bantuan ini dan tidak menerima bantuan lainnya.

Penyaluran BLT tersebut disalurkan dikantor Hukum Tua Desa Pinasungkulan Utara, dan bagi yang tidak bisa hadir, dikarenakan kelemahan fisik ataupun berhalangan disalurkan dikediamannya, pada Jumat, (30/09/2022).

Tentunya bantuan ini merupakan upaya yang dilakukan Pemerintah dalam rangka membantu dan meringankan beban masyarakat dimasa Pandemi Covid-19 yang masih melanda dalam kehidupan masyarakat Indonesia, terutama dampak dialami masyarakat dibidang ekonomi.

Berdasarkan data para penerima KPM, adanya penambahan atau peningkatan penerima dari tahun sebelumnya pada Tahun 2021 berjumlah 43 KPM menjadi 84 KPM di Tahun 2022.

Tentunya besaran BLT yang bersumber dari Dana Desa yang disalurkan kepada 84 KPM sudah berdasarkan pagu anggaran Dana Desa yang ditetapkan minimal 40 %, seperti yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) 104/2021 dan PMK 109/2021.

Evangelina Lomboan, SS. MM selaku Pj. Hukum Tua Desa Pinasungkulan Utara mengharapkan kepada para penerima untuk dapat menggunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya serta bermanfaat.

“Perlu disampaikan bahwa untuk penerima BLT-DD ini sudah berdasarkan regulasi dan pagu anggaran 40 % serta penetapan hasil musyawarah desa, dan para penerima ini tidak menjadi peserta penerima bantuan lainnya. Dan diharapkan bagi penerima untuk mempergunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, serta pergunakan untuk sesuatu yang bermanfaat termasuk menggunakannya untuk membeli kebutuhan pokok”, pungkap Lomboan.

“Dan bagi penerima untuk tetap menjaga kesehatan serta tetap memperhatikan protokol Kesehatan,” tambah Lomboan.

Adanya Penerapan Protokol dalam penyaluran BLT-DD tersebut dan secara keseluruhan berjalan dengan baik dan lancar.

Penyaluran tersebut disaksikan oleh ketua BPD Feibe Tamboto bersama anggota, Babinsa Pinasungkulan Utara Julkifli, Babinkamtibmas Ivan Komaling dan Perangkat Desa.

(Vecky)