Jawa BaratKARAWANG

Pemkab Karawang Beri Bantuan pada Korban Kebakaran

Karawang, joernalinakor.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang menyerahkan bantuan kepada keluarga yang terkena musibah kebakaran di Jalan Wirasaba, Kelurahan Adiarsa Timur, Kecamatan Karawang Timur. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana.

Pada kesempatan tersebut Bupati meninjau langsung lokasi kebakaran dan bertemu dengan keluarga yang terkena musibah kebakaran, serta akan mengupayakan bantuan Rumah Layak Huni (Rulahu) bagi keluarga yang terdampak.

“Saya turut berduka atas musibah yang menimpa Ibu Bapak, kami akan mengupayakan bantuan Rulahu, saya akan koordinasi dengan Dinas PRKP dibantu dengan data kelurahan dan kecamatan,” tuturnya kepada keluarga yang terdampak, Selasa (10/5/2022).

Tidak hanya itu, Bupati juga memberikan bantuan kepada Yayasan Yatim Piatu dan Dhuafa Nahdlatul Ishlamiyah sebesar Rp 10 juta. Hal itu lantaran sebagian bangunan dari Yayasan tersebut ikut terdampak akibat kebakaran yang terjadi di rumah warga.

Di tempat yang sama, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang menyebut sebanyak empat rumah warga dan sebagian bangunan Yayasan Yatim Piatu dan Dhuafa Nahdlatul Ishlamiyah.

Dia menambahkan, bantuan penyaluran stimulan dari Pemkab Karawang melalui BPBD Kabupaten Karawang diberikan kepada keluarga terdampak yakni tiga rumah yang mengalami rusak berat sebesar Rp 3,5 juta dan satu rumah rusak ringan sebesar Rp 1,5 juta.

“Bantuan lainnya juga sudah diberikan seperti logistik, makanan, alat dapur, selimut dan kasur. Juga bagi masyarakat untuk tetap waspada agar tidak ada kejadian kebakaran lagi,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kebakaran terjadi di rumah warga di Jalan Wirasaba, RT 001 RW 002, Kelurahan Adiarsa Timur, Kecamatan Karawang Timur. Kejadian tersebut terjadi pada pukul 01.20 WIB.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan pada BPBD Kabupaten Karawang, Rohmat mengatakan, sebanyak 2 unit mobil damkar dan 12 personel damkar yang dikerahkan.

“Beruntung pada kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa, hanya saja ada satu korban luka ringan akibat membantu memadamkan api. Dugaan penyebab terjadinya kebakaran akibat korsleting listrik arus pendek,” kata dia.

Usai berjibaku dengan si jago merah, pihaknya berhasil memadamkan api sekira pukul 02.30 WIB dengan status selesai kondusif. (diskominfo)