Sulawesi Utara

Penandatangan Seruan Bersama Dandim 1302 dan Forkopimda Minahasa

MINAHASA, Joernalinakor.com – Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1302/Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo SSos MSi menyebut pelaksanaan malam Takbiran sebaiknya dilakukan di rumah ibadah atau dikediamannya masing-masing. Menurutnya, hal tersebut untuk menghindari dan menekan penyebaran Virus Corona atau covid-19 di wilayah teritorial Kodim 1302/Minahasa.

“Pada pelaksanaan malam takbiran nanti baiknya dilaksanakan di Mesjid-Mesjid atau Musholla serta di rumah masing-masing dengan menggunakan pengeras suara yang direkam tanpa adanya iring-iringan atau takbir keliling, karena kondisi saat ini mewabahnya virus Corona,” tegas Dandim Letkol Slamet dalam penyampaiannya kepada media center seusai menghadiri penandatangan “Seruan Bersama” di Mapolres, Tondano pada Jumat (22/05/2020) pagi.

Dandim menuturkan dari hasil kesepakatan dalam Seruan Bersama yang ditandatangani Pemkab Minahasa, Forkopimda, instansi dan ormas serta pimpinan umat Islam se-kabupaten Minahasa sepakat bahwa pelaksanan sholat id dilaksanakan di kediamannya masing-masing bersama keluarga inti.

“Untuk pelaksanaan Sholat Idul Fitri/sholat id nantinya dilaksanakan di rumah masing-masing bersama Keluarga inti. Dihimbau tidak menggelar Open House serta Silaturahmi. Upayakan melalui Virtual demi memutus mata rantai penyebaran Virus Corona ini,” tandasnya.

Adapun isi Seruan Bersama berbunyi;
Pertama, Malam takbiran dilakukan di masjid/Mushola menggunakan rekaman untuk diperdengarkan melalui pengeras suara serta di rumah masing-masing dan tidak melakukan takbiran keliling.
Kedua, Sholat id yang biasa dilakukan berjemaah di Masjid/mushola atau di lapangan ditiadakan namun bisa dilakukan di rumah bersama keluarga inti.
Ketiga, Perayaan IdulFitri 1441 H dihimbau tidak melaksanakan open house dan silahturahmi, diupayakan melalui virtual.
Keempat, Untuk silahturahmi dalam hari raya ketupat dilakukan secara virtual.
Kelima, Umat Islam, Imam dan pengurus Masjid/Mushola se-Minahasa senantiasa mematuhi setiap peraturan, keputusan dan himbauan yang dikeluarkan pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19.

Demikian seruan bersama dikeluarkan untuk dapat dipenuhi dan dilaksanakan penuh ikhlas dan tanggung jawab demi kebaikan dan keselamatan bersama.

Terkait pandemi Covid-19 di wilayah Minahasa, Bupati melalui Asisten-1 DR. Denny Mangala mengatakan upaya yang dilakukan Pemkab Minahasa sedang berupaya menyiapkan lokasi untuk dijadikan ruang isolasi bagi masyarakat yang terpapar Virus.

“Sementara kami upayakan dan siapkan tempat untuk dijadikan ruang isolasi bagi warga Minahasa yang terpapar namun, diperlukan kerjasama dari semua pihak agar penyebaran virus ini tidak semakin meluas,” tukasnya. Vendry

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close