Nasional

Pengumuman Jumlah Kasus Covid-19 Melalui Portal Covid 19.go.id

JAKARTA, Joernalinakor.com – Gugus Tugas Penanganan  Covid-19 di Indonesia, tidak lagi mengumumkan jumlah kasus Covid di indonesia, tertanggal 21 juli 2020 masyarakat dapat mengakses data Covid -19 melalui portal Covid 19.go.id. untuk itu Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid -19, yaitu Dewi Aisyah Mengajak masyarakat memahami data Covid -19 lewat Definisi laju  insidensi,  ujarnya saat menjelaskan disertai dr.Lola Kamal kemarin. ( 23/ 7). 

“Laju insidensi  merupakan jumlah kasus positif Covid-19, dibagi dengan jumlah penduduk  disebuah tempat. Jika ada dua daerah yang memiliki kasus positif Covid -19 Sama namun jumlah penduduk berbeda, hal itu tidak menjadikan suatu daerah memiliki kondisi yang rentan penularan Covid-19, dilihat dari banyaknya penduduk yang tinggal didaerah tersebut, kita jangan melihat  angka kasus  covid -19 di indonesia secara mentah” ujar lewat keterangan  dalam dialog di Media Center  Satuan Gugus  tugas penanganan Covid-19 di Jakarta. 

Laju insidensi menurut Dewi, sebagai salah satu indikator dalam menentukan Zonasi  daerah terdampar Covid-19, sering juga dipaparkan sebagai peta Zonasi Risiko Daerah, ucap dewi pada media. “Kami juga melakukan pemantauan terkait kecepatan laju insidensi pada suatu daerah dengan perbandingan, yaitu kecepatan laju insidensi pada minggu berikutnya akan dikurangi laju insidensi minggu sebelum nya, Hal ini jadi gambaran walaupun kasus covid positif meningkat  namun  kecepatan penularan covid-19 nya sudah terkendali atau belum”. 

Kata Dewi, bukan sekedar menilai kasus tapi bagaimana penanganan serta pengendalian nya, saat ini di indonesia ada daerah insidensi kasus positif Covid -19 tertinggi per 19 juli kemarin, yaitu Jayapura, Semarang, Jakarta Pusat, Bangli dan Kota Banjar Baru. Dan ada 188 Kabupaten dan Kota  yang tidak ada penambahan kasus dalam waktu satu minggu, namun dengan begitu masyarakat harus tetap hati hati,”jelasnya. (FRD)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button
Close