Jawa BaratSUKABUMI

PT. KAI Akan Meningkatkan Pelayanan Dengan Reaktivasi Kereta Pangrango

PT. KAI akan segera melakukan penataan di area sekitar Stasiun Sukabumi. Hal tersebut menjadi salah satu bahan pembicaraan dalam pertemuan antara Pemerintah Kota Sukabumi, PT. KAI dan PT. Fortunindo Artha Perkasa (FAP), pada 6 April 2021 di Balai Kota.

Perwakilan PT. FAP, Heru, mengatakan pihaknya siap membantu penataan tersebut, dengan menyediakan tempat berjualan di Pasar Modern Pelita, serta memberikan berbagai keringanan bagi para pedagang.

Sementara Wali Kota, Achmad Fahmi, menjelaskan perlunya kolaborasi dan komunikasi baik antara semua pihak terkait, sehingga proses penataan bisa berjalan sesuai harapan.

Deputi EVP 2 Bidang Pelayanan dan Komersial Daerah Operasi 1 Jakarta PT. KAI, Suharjono, dalam proses penataan nanti mengharapkan dukungan semua pihak, salah satunya Pemerintah Kota Sukabumi sehingga mereka bisa memberikan pelayanan yang lebih layak kepada para penumpang kereta seperti menyediakan tempat parkir yang memadai. Ia menegaskan bahwa PT. KAI memiliki sertifikat hak pakai sebagai landasan untuk melakukan penataan.

Dalam pertemuan tersebut dijelaskan pula, rencana Kereta Pangrango beroperasi pada pekan ini, dan sebelumnya akan dilakukan ujicoba terlebih dahulu yang dijadwalkan dilaksanakan pada hari Jumat mendatang.

Deputi EVP Bidang Pelayanan dan Komersial DAOP 1  menerangkan bahwa pasca rampungnya pembangunan double track dari Paledang ke Cicurug, waktu tempuh Sukabumi – Bogor menjadi lebih singkat karena hanya memakan waktu sekitar 1,5 jam. Rangkaian  Kereta Pangrango juga mengalami perubahan karena rencananya memiliki 2 gerbong kereta kelas eksekutif dan 5 gerbong kelas ekonomi