Utama

Rapat Evaluasi Hukum Tua PD dan Pengurus BUMDES, Camat Yeni: Dana Negara Harus Dikelola Baik

MINAHASA, joernalinakor.com – Camat Langowan Utara Dra.Yenny Palit SE memimpin Rapat evaluasi Hukum Tua Pendamping Desa (PD) dan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di ruang rapat kantor kecamatan Langowan Utara, kabupaten Minahasa, Kamis (23-6/2022) pagi.

Dalam rapat tersebut camat Langowan Utara menyampaikan pentingnya keberadaaan BUMDES di suatu desa pasalnya keberadaan BUMDES dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di desa. Selain itu dirinya berharap dana negara yang masuk ke rekening BUMDES dapat dikelola baik tertib administrasi BUMDES karena akan dievaluasi dan diawasi pengelolaan keuangannya.

“Badan usaha milik desa merupakan salah satu pendongkrak ekonomi desa apabila dana dari negara ini dapat dikelola baik,” kata Yeni kepada pada pengurus BUMDES yang hadir.

Camat menuturkan bahwasanya dana dari pemerintah pusat sebisanya dikelola secara baik dan cerdas karena akan diawasi dan dievaluasi. “Kami pihak pemerintah kecamatan akan terus mengevaluasi bahkan akan mengawasi setiap pengelolaan keuangan BUMDES di masing-masing desa se-Kecamatan Langowan Utara. Bahkan kami akan berkerja sama dengan tim audit untuk mengaudit keuangan yang dikelola oleh pengurus BUMDES.”

“Kami berharap hadirnya tim audit ini akan membuat pengelolaan keuangan menjadi tertib administrasi dan pengelolaan keuangan BUMDES semakin sehat. BUMDES yang baik, perekonomian desa pun lancar dan maju,” ujar Camat Yeni.

Camat Yeni menekankan bahwa masyarakat di desa, akan semakin maju dan sejahtera apabila pengurus mampu berinovasi membuat kegiatan yang bermanfaat masyarakat.

“Pengurus BUMDES harus cermat dan cerdik melihat situasi agar mampu membuat kegiatan yang bermanfaat bagi BUMDES dan masyarakat desa,” tandasnya.

Sebelumnya kegiatan tersebut diawali dengan Laporan oleh tim penilai lomba desa dan Bumdes Kasie PMD Lexi Kaowan serta laporan dari pengurus Bumdes. Kegiatan tersebut diakhiri dengan penyerahan SK Camat pemenang lomba BUMDES.

Vendry