Jawa Tengah

Sukseskan Rapid Tes, Pos Koramil Padureso Gelar Pengamanan Lokasi

KEBUMEN, joernalinakor.com,-Bersinergi dengan instansi terkait, Polsek, Satpol PP, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinkes Kabupaten Kebumen, Puskesmas dan para relawan. Kaposramil Padureso Pelda Supomo mengerahkan sejumlah Babinsanya guna membantu pengamanan pelaksanaan Rapid tes yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen bersama Puskesmas Padureso pada sejumlah pedagang dan pengunjung pasar tradisinal di area Pasar Pon Kecamatan Padureso, Kabupaten Kebumen. Sabtu (6/6/20).

Melalui himbauannya Kaposramil Padureso Pelda Supomo mengatakan,”kegiatan pengamanan pelaksanaan Rapid tes ini untuk mencegah timbulnya kerumunan massa saat antri mengikuti Rapid tes. Kita berusaha semaksimal mungkin mengamankan jalannya pelaksanaan Rapid tes ini agar acara berjalan dengan baik, lancar dan aman sekaligus penerapan physical distancing pada warga peserta Rapid tes itu sendiri.” ungkap Supomo.

Hadir secara pribadi Wakil Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto, S.H yang didampingi Sekda Kabupaten Kebumen H. Ahmad Ujang Sugiono, S.H, Asisten 1 Setda Kebumen Drs. Heri Sriyanto, Kepala Dinas Kesehatan Kebumen Dr Budi Satrio, M. Kes, Kabidtibum Pol PP Kebumen Ketut Waluyo, Plt Kepala BPBD Kebumen Teguh Kristianto, sejumlah jajaran Forkopimcam Padureso, Kepala Puskesmas Padureso dr. Guntoro, para Kades se Kecamatan Padureso dan para petugas medis serta sejumlah relawan turut mengikuti jalannya pelaksanaan Rapid tes kali ini      

Menurut keterangan Kaposramil Padureso Pelda Supomo, kegiatan diawali oleh para pedagang maupun pengunjung pasar pon yang sudah mengambil nomor antrian pengambilan darah dengan menyertakan tanda pengenal KTP atau SIM kepada tim medis untuk melengkapi data. Selanjutnya para pengunjung dan pedagang pasar yang sudah di tes dapat menunggu hasil pemeriksaannya dan apabila tidak bisa menunggu harus meninggalkan nomor telpon yang dapat dihubungi.

Tercatat sedikitnya ada 300 orang peserta Rapid tes, dari jumlah itu, terdapat 1 orang yang dinyatakan reaktif, sedangkan 299 orang lainnya dalam kondisi negatif.

Dalam keterangannya, Wakil Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto, S.H mengatakan, dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di wilayah Kecamatan Padureso, maka kegiatan Rapid tes ini kita selenggarakan sebagai langkah awal dari rencana kegiatan yang akan digelar Pemkab Kebumen untuk menentukan pemetaan terhadap wilayah-wilayah sebagai penentu zona merah, hijau, kuning dan oranye. Dimana Rapid tes ini merupakan tolok ukur sejauh mana perkembangan penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Padureso. Kegiatan ini juga sebagai upaya Pemkab Kebumen dalam meminimalisir dampak  perkembangan Covid-19 terhadap perekonomian masyarakat. Bagi warga yang diketahui hasilnya reaktif akan langsung dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Hal tersebut dilakukan agar tetap sehat, tidak terpapar covid-19 dan tidak menularkan ke warga lainnya,” kata Arif.

Wakil Bupati juga menghimbau kepada masyarakat Kecamatan Padureso agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Seperti membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir, menggunakan masker, menjaga jarak antar orang atau physical distancing,” pungkasnya 

(Yatiman/Pendim)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close