Utama

Wabup Parimo Hadiri Rapat Paripurna DPRD Tentang Pandangan Umum Fraksi Fraksi Atas Raperda APBDP 2021

PARIGI MOUTONG, joernalinakor.com – Wakil Bupati Parigi Moutong (Parimo) H Badrun Nggai SE hadiri Rapat Paripurna DPRD Parigi Moutong tentang pandangan umum Fraksi Fraksi atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) tahun 2021, bertempat di Ruang Rapat DPRD Parimo, Selasa (21/9/21).

Sidang Paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Parigi Moutong Faisan Badja.

Dalam penyampaian pandangan umum Fraksi Fraksi, salah satu keterwakilan Fraksi Hati Nurani Rakyat (Hanura) menyampaikan pandangan umumnya terkait Raperda APBDP tahun 2021 adalah sebagai berikut :

  1. Dalam upaya peningkatan PAD melalui Retribusi daerah serta perihal pengembangan teknologi informasi dan inovasi pemulihan dampak lingkungan reklamasi yang disebabkan pengelolaan Sumber Daya Alam, Fraksi Hanura menyarankan agar OPD terkait dapat menjelaskan efektivitas pelaksanaan tugas secara transfaran.

Dan fraksi Hanura berharap dapat diberikan anggaran untuk mengejar target yang telah ditentukan dalam Anggaran Pendapatan Daerah (APD) tahun 2020 yang lalu.

Fraksi Hanura mempertanyakan langkah strategis apa saja yang telah dipersiapkan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dan langkah cepat yang dapat diambil dalam rangka pemulihan ekonomi serta hal lain efek peningkatan daya saing dunia pendidikan yang dilakukan secara menyeluruh.

  1. Fraksi Hanura juga mengatakan, dengan perkembangan Pandemi Covid-19 semakin tidak menentu, langkah langkah apa yang dilakukan oleh Pemerintah daerah dalam mengatasi persoalan.
  2. Fraksi Hanura menyikapi dan membahas dalam anggran Pendapatan Belanja daerah tahun 2021, meminta penjelasan Pemerintah terkait anggaran apa saja yang menjadi prioritas dalam rancangan Anggaran Perubahan APBD tahun 2021 sehingga menjadi solusi pemulihan ekonomi di wilayah Pemda Parigi Moutong.
  3. Fraksi Hanura juga menegaskan dalam infastruktur Pemda Parigi Moutong telah menjadi perhatian serius pihak eksekutif sehingga dapat dijalankan sesuai yang ditetapkan dan telah mendapat perhatian lebih dari Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong.

Namun Fraksi Hanura meminta penjelasan apakah Infastruktur tersebut misalnya jalan, perbaikan jembatan dan lain lain bisa dituntaskan dan apakah dalam tahun anggaran 2022 sudah dipersiapkan. Sedangkan infastruktur kata Fraksi Hanura salah satu faktor utama tujuan pemulihan ekonomi masyarakat.

  1. Fraksi Hanura berharap pengalokasian anggaran perubahan dapat menyelesaikan tunggakan pembayaran Honorer ,atau intensif tenaga kesehatan atau tenaga teknis lainnya dan perhitungan selisih antara PLN dan Pemerintah Daerah.
  2. Fraksi Hanura juga menegaskan untuk keberadaan tambang emas yang berada di Kabupaten Parigi Moutong menjadi perhatian, jangan abaikan Perda tentang Pengawasan lahan pertanahan berkelanjutan agar motto Parimo sebagai lumbung beras sulteng tetap terpelihara.
  3. Fraksi Hanura juga meminta Pemda Parigi Moutong memenuhi tujuan dan penyusunan KUA PPAS perubahan APBD sehingga mampu mengoptimalkan pelaksanaan APBD agar program kegiatan pembangunan tahun anggaran 2021 dapat berjalan lancar dan terukur.

Fraksi Hanura juga sepakat dengan komposisi dan belanja yang disampaikan oleh pengantar Bupati dan dapat dilanjutkan ketahap berikutnya.

Fraksi Hanura sepakat, setelah mencermati seksama, maka anggaran Perubahan APBD Parimo, Partai Hanura sepakat dapat menereima dan setuju jika Raperda ini dibawah kedalam rapat agenda selanjtnya untuk dibahas di sidang sidang berikutnya.

Wakil Ketua DPRD Parigi Moutong Faisan Badja mengatakan, pada prinsipnya semua Fraksi DPRD Parigi Moutong dapat menerima dan menyetujui untuk dibahas pada tingkat selanjutnya. Namun kata ia ada beberapa hal yang perlu mendapatkan penegasan, penjelasan serta jawaban dari pihak Pemerintah secara khusus Bupati Parigi Moutong atas pandangan Fraksi tersebut.

“Oleh karena itu untuk jawaban Bupati atas pertanyaan Fraksi Fraksi akan dilaksanakan Rabu 22 September 2021 jam 10.00 wita,”Ujarnya.

Selain Fraksi Hanura, fraksi fraksi turut menyerahkan pandangan umum secara tertulis kepada Wakil Bupati Parigi Moutong adalah Fraksi Nasdem, Fraksi Gerindra, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Kebangkitan Bangsa, Fraksi Toraranga dan Fraksi Bintang Indonesia.

(Mal/DISKOMINFO PARIMO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *