Life StyleUtama

Workshoop Integratif Pembentukan Gaya Hidup Sehat Berbasis Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah Dan Pemanfaatan Aplikasi

Joernalinakor.com | JATINANGOR – Workshoop Penyakit Tidak menular di Kabupaten Sumedang
Masalah kesehatan tidak akan dapat diselesaikan hanya oleh tenaga kesehatan, karena banyak faktor yang berperan dalam upaya peningkatan kesehatan, termasuk upaya pencegahan penyakit tidak menular (PTM). Upaya pencegahan penyakit akan lebih bermanfaat jika dilakukan sebelum seseorang sakit.

Pemerintahan Kabupaten Sumedang melalui Dinas Kesehatan Sumedang bekerjasama dengan kelompok kerja ‘Pencegahan PTM berbasis masyarakat.Senin(17/02) mengadakan diskusi kelompok terarah untuk merencanakan kegiatan integratif pembentukan gaya hidup sehat berbasis Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah untuk mencegah PTM dengan pemanfaatan aplikasi berbasis android.

Workshoop ini dihadiri oleh Sekertaris Dinas Kabupaten Sumedang, Dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas Jatinangor beserta jajarannya, Muspika Jatinangor, Sekcam Cimangung, Kepala Desa, Pimpinan beberapa Sekolah Menengah di Jatinangor, Tokoh Masyarakat Jatinangor, Ibu Ibu PKK Jatinangor dan belasan siswa Saka Bakti Husada. Semua pihak sepakat untuk bahu membahu melakukan pencegahan terhadap PTM di Jatinangor dan bertempat di aula puskesmas jatinangor.senin(17/02/2020).

Aplikasi yang sedang disempurnakan ini akan membantu generasi muda menjadi agen perubahan bagi dirinya sendiri, keluarga maupun lingkungannya. Pemantauan kesehatan yang terjamin kerahasiaannya ini dapat memberikan data rekapitulasi kepada para pemangku kebijakan di tingkat Posbindu, Puskesmas maupun Dinas Kesehatan Kabupaten sehingga dapat digunakan untuk menentukan prioritas intervensi yang tepat guna dan tepat waktu.

Selain dapat digunakan untuk memantau kesehatan perorangan, aplikasi ini juga akan dapat menjadi sumber informasi yang dapat dipercaya dan menjadi rujukan pembentukan gaya hidup sehat gaya remaja, termasuk di antaranya pola makan dan aktivitas fisik yang baik.

Dalam Sabutan dan arahannya Herman Suryatman Setda Kabupaten Sumedang mengatakan “Sangat mendukung dan sangat berterimakasih kepada Peneliti di Unpad yang telah mengadakan penelitian di Kabupaten Sumedang di harapkan penelitian ini dapat berakrobatasi dengan program sumedang simpati sehingga di harapkan Peneliti dapat terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan dinas terkait sehingga aotput yang di harapkan dapat tercapai serta tujuan membangun masyarakat sumedang yang sehat dapat tercapai, serta dengan Aplikasi Smart Fiit dapat menjangkau kaum milenial sehingga kesehatan kaum milenial dapat terjaga”.

Salah Seorang Dosen Dari Fakultas Kedokteran Dr. Yulia Sofiatin, dr., SpPD mengatakan “Penderita PTM pada umumnya adalah dewasa dan lansia, karena merupakan akibat dari gaya hidup yang kurang baik sepanjang hidupnya.

Pengalaman pada penderita PTM, mengubah gaya hidup setelah usia dewasa ternyata sangat sulit, sehingga harus gaya hidup sehat harus dibiasakan sejak muda. Pembiasaan gaya hidup sehat dapat dimulai di sekolah dan keluarga.

Salah Seorang Dosen FMIPA Unpad Mira Suryani, SPd, MKom mengatakan “ Orang muda sekarang sangat biasa menggunakan gawai, sehingga pedoman gaya hidup sehat dapat disampaikan melalui aplikasi yang mudah dan ramah dan akan mudah di cerna oleh kaum milenial.

Kelompok Kerja ‘Pencegahan PTM berbasis Komunitas’ Unpad dalam kerjasama antara para dosen di Fakultas Kedokteran, Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Jurusan Teknik Informatika Fakultas MIPA UNPAD telah menyusun sebuah aplikasi berbasis android yang dinamai SMARTFit. Apikasi ini akan digunakan untuk memantau kesehatan pribadi seperti selama ini Kartu Menuju Sehat (KMS) digunakan untuk memantau kesehatan bayi dan anak. Dalam aplikasi ini, peserta akan menerima informasi kesehatan yang valid.

Workshoop ini ini menghadirkan nara sumber dari Fakultas Kedokteran Dr. Yulia Sofiatin,dr.,SpPD, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Mira Suryani,SPd,M.Kom,Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Related Articles

Back to top button
Close